Paroki Roh Kudus

Paroki Roh Kudus

Pengenalan Meditasi Kristiani Paroki Roh Kudus

Home / DPH Artikel / Pengenalan Meditasi Kristiani Paroki Roh Kudus
Paroki Roh Kudus

Pengenalan Meditasi Kristiani Paroki Roh Kudus

Sejarah Singkat :

Bermula dari sebuah Meditasi yang adalah doa hati yang menyatukan kita dengan Yesus di dalam Roh, sebagaimana Surat Rasul Paulus kepada umat di Roma 8:26 ;” Kita tidak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa ; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah “ Maka Meditasi Kristiani merupakan latihan rohani atau olah batin yang di kembangkan oleh seorang rahib Benediktin, Dom John Main OSB  yang bersifat universal, yang membimbing kita ke dalam keadaan doa, ke dalam doa Kristus. Ia membawa kita kepada hening, diam dan sederhana itu sendiri, dengan cara mengulang satu kata suci dengan setia dan penuh cinta selama waktu ber meditasi. Kata suci dimaksud kita namakan “ mantra” .

Anda dapat memilih sebuah kata yang sejak beberapa abad lalu dianggap suci oleh tradisi Kristiani. Kata suci yang di anjurkan oleh Dom John Main adalah “Maranatha”. Ini mantra yang saya sarankan kepada sebagian besar pemula. Sebuah kata dari bahasa Aram “Maranatha” yang berarti, “Datanglah Tuhan, Datanglah Tuhan Jesus.” Kata ini digunakan oleh Santo Paulus untuk mengakhiri surat pertama kepada umat di Korintus (1Kor 16: 22). Kata ini juga digunakan oleh Santo Johanes untuk mengakhiri bab Wahyu (Why 22: 20). Demikian juga kata ini digunakan didalam beberapa liturgi awal (Didache 10: 6)  Dom John Main OSB menemukan kembali suatu cara membawa pikiran untuk beristirahat dalam hati lewat ajaran para rahib Gereja Perdana, terutama Yohanes Kasianus (John Cassian) pada abad ke-4.

Pada tanggal 12 Januari 2006, Surabaya mulai dengan Meditasi Kristiani dan di-perkenal-kan kepada umat ( 10 orang ) yang semula berkumpul di Ruko Klampis Megah Blok H-2, jalan Raya Klampis Jaya, Surabaya setiap hari Kamis  jam 18.00 WIB, dan di-bimbing oleh Romo Siriakus Maria Ndolu OCarm pertapa, pemerhati dan pelaku Meditasi Kristiani yang berdomisili di Kepanjen Malang Selatan ketika itu. Dengan berputar-nya waktu dan mendengar sharing iman yang menyentuh hati yang mengakibatkan rahmat kasih ini menyebar ke Paroki Roh Kudus, ketika itu Alfian Kusumadjaja dan Ibu Veronika mengadakan perjumpaan dengan Romo Goris SVD selaku kepala Paroki, dan tanpa tedeng aling-aling mendapat persetujuan beliau, sejak itu Komunitas ini mulai berkiprah sekitar tahun 2008, kemudian berita hangat ini berkembang ke Paroki Yakobus, Krian, Mojokerto, Sidoarjo, Randegan, Gresik hingga akhirnya sampai ke Madiun dan Ponorogo.

 

DOM JOHN MAIN OSB

Pater John Main OSB dilahirkan di London pada tahun 1926 dari suatu keluarga Katolik Irlandia. Dengan berbekal Sarjana Ilmu Hukum beliau bekerja pada Departemen Luar Negeri Inggris dan ditempatkan di Malaysia, sebagai salah seorang staf Gubernur.  Pada suatu hari ia diutus untuk mengunjungi seorang pandita Hindu keturunan India yang mengelola sebuah panti asuhan dan asrama di pinggiran kota Kuala Lumpur. Dari pandita ini John Main belajar cara meditasi sederhana dengan mengucapkan mantra dengan setia dua kali sehari, sebelum dan sesudah bekerja. Setelah kembali ke Eropa untuk mengajar Ilmu Hukum Internasional selama beberapa tahun, John Main kemudian mengambil keputusan untuk menapaki hidup membiara dengan memilih menjadi rahib Benediktin di London. John Main memetik inspirasi dari ceramah-ceramah Yohanes Kasianus ( John Cassian) tentang mantra dan terus mengajarkannya dalam kekayaan kitab suci dan teologi Kristen.  

Pater John Main meninggal pada tahun 1982 di tengah-tengah komunitas kecil nya di Kanada. Ajarannya telah tersebar keseluruh dunia dan karyanya kini diteruskan oleh World Community for Christian Meditation (WCCM) atau disebut juga Komunitas Mondial Meditasi Kristiani, yang merupakan satu jaringan dari 25 Pusat Meditasi Kristiani dengan 800  kelompok meditasi di seluruh dunia yang bertemu setiap minggu nya.  Pusat Mondial Meditasi Kristiani berdomisili di London Inggris, sedangkan di Indonesia sampai Timor Leste, telah berkembang di 20 kota dengan 110 kelompok dengan jumlah anggota tidak lebih dari 20 orang per kelompok.

 

Spiritualitas Meditasi Kristiani

Menurut Pater John Main OSB, bahwa meditasi merupakan suatu perkembangan doa yang mengajarkan cara untuk mengenal dan menerima diri. Inilah langkah awal untuk mengenal Allah melalui keserasian yang dalam antara tubuh yang diam, hening dan jiwa. Suatu ketika manusia merasa seorang diri dalam bermeditasi ini berarti menyadarkan kita akan ketergantungan timbal balik kita dengan orang lain dengan demikian “ meditasi menciptakan komunitas atau kebersamaan “.  Jadi Komunitas adalah ciri Gereja masa mendatang kata Pater John Main OSB.  Menurut-nya, ia tidak mengatakan bahwa mantra adalah satu-satunya jalan menuju kedalaman hati manusia.

   “ John Main mengatakan bahwa Saya tidak ingin mengatakan bahwa meditasi adalah satu-satunya jalan, melainkan bahwa meditasi adalah jalan satu-satunya yang saya temukan. Menurut pengalaman saya, meditasi adalah jalan yang sederhana yang membuat kita sadar sepenuhnya akan kehadiran Yesus di dalam hati kita ; dan inilah pengalaman terekam dalam tradisi Kristiani sejak zaman para rasul sampai masa kini “ I don’t wish to imply that meditation is the only way, but rather that it is the only way I have found. In mu own experience it is the way of pure simplicity that enable us to become fully, integrally aware of the Spirit Jesus has sent into our heart; and this is the recorded experience of the mainstream of the Christian tradition from Apostolic times down to our own day.

Para pendosa bisa menjadi orang-orang kontemplatif yang baik, menurut “ Cloud of Unknowing” yang merupakan inti dari Injil dan kehidupan Kristiani yaitu Yesus datang untuk memanggil orang-orang berdosa, bukan orang-orang benar. Tentunya Buah Roh (Gal 5:22) secara perlahan tumbuh di dalam kita, karena kita mulai berpaling pada kekuatan cinta yang ada dalam diri kita. Sumber dari dalam hati kita adalah juga sumber yang menyembuhkan dan membuat kita utuh. Ini berarti dengan Meditasi kita dikuduskan dan oleh proses penyembuhan itu sendiri.

 

Perkembangan Meditasi Kristiani Indonesia

Beberapa tahun belakangan ini Komunitas Mondial Meditasi Kristiani ini telah berkembang di Jakarta sebagai Ibukota Indonesia yang di Koordinir oleh Ibu Kindawati selaku KOORDINATOR NASIONAL dengan Moderator Nasional di bimbing oleh Pastor Tan Thian Sing MSF, sedangkan untuk Moderator Meditasi Kristiani Keuskp Surabaya di bimbing oleh Pastor Yuventius Fusi Nusantoro Pr, dengan di Nahkodai oleh Bp. F.X Buang Djuliadi (Selaku Koord MK Keuskp Surabaya hingga saat ini )  

Sebuah Rahmat yang sangat menggembirakan tahun 2017,  5 orang anak muda Meditasi Kristiani Gresik telah berhasil memutuskan langkah hidup masuk Seminari Garum St Vincentius dan seorang memutuskan masuk Seminari Tinggi Konggregasi Misi CM Langsep Malang, sejak tahun 2018 kami mendapat kepercayaan dari Pastor Dwi Joko selaku Pimpinan Tahun Orientasi Rohani Jatijejer memberikan Pengenalan Meditasi Kristiani kepada 20 orang frater yang akan masuk Seminari Tinggi Providentia Dei, demikian pula tahun 2019 ini kepercayaan kembali diberikan Pengenalan Meditasi Kristiani kepada 11 orang frater rencananya mulai 31 Agst – 01 Sept 2019 ini.

Sampai saat ini Komunitas Meditasi Kristiani telah tersebar & berkembang di beberapa kota di Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke termasuk Timor Leste, sekurang-kurangnya telah ada di 20 kota di Indonesia, dengan 110 komunitas yang anggotanya berjumlah 10-15 meditator, kami berharap Meditasi Kristiani akan terus bertumbuh dan berkembang secara alami seturut kehendak Roh Kudus.

BUKU MEDITASI KRISTIANI YG TELAH TERBIT :

  1. Jalan Menuju Kehidupan – By Gerry Pierse Cssr Obor
  2. Meditasi & Hidup Imamat – By William F.Eckert Dkk Kanisius
  3. Mutiara Yang Sangat Berharga ( A Pearl Of Great Price ) – By Laurence Freeman Osb Obor
  4. Meditasi Kristiani – By Siriakus Maria Ndolu Oc Karmelindo
  5. Latihan Harian Meditasi Kristiani – By Laurence Freeman Osb Obor
  6. Jalan Menuju Keheningan ( Word Into Silence) – By John Main Osb Dioma
  7. Doa Singkat Doa Hening ( The Getshemani Talk) – By John Main Osb ( Terjemahan Fr C.Verbeek Ocarm) Dioma
  8. Meditasi Bersama Yesus – Jalan Sederhana Menuju Ketenangan Batin – By Siriakus Maria Ndolu Oc Obor
  9. Meditasi Kristiani – Jalan Sederhana Menjumpai Allah – By Siriakus Maria Ndolu Oc Kanisius
  10. Meditasi Kristiani & Ciptaan Baru Dalam Kasih Kristus – By Bedde Griffth Osb Dioma
  11. Gerbang Menuju Keheningan | Door To Silence – By John Main Osb Dioma

Untuk Meditasi di Gereja Katolik Roh Kudus, dilaksanakan setiap hari selasa pukul 19:00-20.30 di Ruang Adorasi Gereja Roh Kudus . Informasi meditasi dapat menghubungi Bpk. Ridwandi 0816-5439-337