Paroki Roh Kudus

Paroki Roh Kudus

Mengenal Lebih Dekat Team Kerja Pendamping Keluarga Katolik Paroki Roh Kudus

Home / Bidang Formatio Artikel / Mengenal Lebih Dekat Team Kerja Pendamping Keluarga Katolik Paroki Roh Kudus
Paroki Roh Kudus

Mengenal Lebih Dekat Team Kerja Pendamping Keluarga Katolik Paroki Roh Kudus

Untuk melanggengkan hidup berkeluarga secara Katolik, tidak bisa diingkari memang membutuhkan sebuah perjuangan. Gereja Katolik menyadari bahwa dalam mengusahakan perjuangan tersebut, sering sebuah keluarga harus mendapat dukungan dari sesama, karena banyak masalah tidak dapat diselesaikan oleh keluarga tersebut secara mandiri.

Kehadiran Gereja Katolik untuk mendampingi perjuangan keluarga Katolik, memang sangat dibutuhkan, namun sering kali tenaga para Pastor tidak mencukupi karena banyaknya umat yang harus dilayani dalam sebuah paroki. Oleh karenanya, Gereja Katolik membentuk team agar dapat menjadi kepanjangan tangan para Pastur dalam mendampingi seluruh umat. Team tersebut dikenal dengan nama Team Pendamping Keluarga Katolik Paroki (TKPKKP). Meskipun demikian, para pastor paroki adalah penanggung jawab utama dari semua karya pendampingan pastoral bagi seluruh umat Katolik di Paroki

Pendampingan tersebut terutama didasarkan pada iman dan moral Katolik, bukan pada psikologi.  Meskipun  setiap pendamping keluarga diharapkan sungguh-sungguh memperhatikan aspek-aspek psikis dari keluarga yang didampingi.

Tujuan pokok dari pendampingan keluarga adalah tercapainya kesejahteraan dan berkembangnya iman dalam keluarga yang didampingi. Dalam konteks ini, kesejahteraan maupun iman perlu dipahami dalam arti yang paling luas. Kesejahteraan janganlah dipahami sebagai kemakmuran ekonomis belaka.  Sementara itu, iman jangan dipahami sebagai doa-doa dan ibadat belaka. Dalam arti yang luas itu, kesejahteraan itu meliputi aspek-aspek fisik, mental, sosial, moral, dan spiritual. Dalam Kitab Suci, kesejahteraan itu disebut shalom, atau pengungkapan, perayaan, pengalaman, pewartaan, kesaksian, dan persaudaraan dengan saudara-saudara seiman.

Terdapat 2 macam sasaran pendampingan, yaitu:

(i) Pendampingan terhadap keluarga dengan kondisi biasa

Pendampingan  bagi  keluarga keluarga  yang  berada  dalam  kondisi  biasa terutama   dimaksud   untuk :   menyemangati   suami-istri   dalam   usaha mencapai kesejahteraan keluarga; mendukung mereka dalam menghayati perkawinan   mereka   secara   kristiani;   dan   membantu   mereka   dalam mendidik anak anak mereka secara Katolik.

Di gereja katolik Roh Kudus, hal ini diadakan melalui Sie Keluarga, berupa : perayaan Hari Ulang Tahun Pernikahan setiap sebulan sekali, seminar-seminar untuk keluarga, dan rekoleksi/retreat bertemakan keluarga

(ii) Pendampingan terhadap keluarga dengan kondisi khusus

Keluarga  yang  sedang  berada  dalam  kondisi  khusus / sulit  dapat  didampingi melalui suatu cara  yang biasa  disebut: konseling pastoral. Bila  kesulitan itu  belum  terlalu  rumit,  konseling  itu  dapat  dilaksanakan  oleh  penasihat yang  trampil  (yang  cukup  berpengalaman,  walaupun  tidak  profesional). Bila penasihat terampil ternyata tidak mampu menolong, keluarga tersebut dapat dirujuk kepada seorang konselor profesional.

Di gereja katolik Roh Kudus, hal ini dilakukan oleh team TKPKKP. Team sendiri dibagi lagi menurut akar permasalahan yang menyebabkan keluarga tersebut dalam kondisi sulit, seperti pada gambar di bawah ini :

Tim Kecil :

Pasutri Dewi-Rudy, Pasutri Yudha-Pras, Pasutri Dewi-Parna

Pendamping Bidang Rohani :

Rm Domi SVD, Rm Kori SVD, Rm Winarto Pr, Sr Hendrina MASF

Pendamping Bidang Spiritual :

Pasutri Titiek-Mudaldjono, Pasutri Nanik-Hartono, Pasutri Vin-Djoko

Pendamping Bidang Kesehatan :

Pasutri Lanny-Hindarto, Pasutri Indira-Eko

Pendamping Bidang Ekonomi :

Pasutri Christine-Djoko, Pasutri Merta-David

Pendamping Bidang Hukum :

Pasutri Jeanny-Bobby, Pasutri Apul-Dany

Konselor Dewasa :

Pasutri Elvie-Heru, Pasutri Maryam-Medi, Pasutri Nuke-Indar, Pasutri Herlin-Yopi

Konselor Anak dan Remaja :

Sdri Patricia, Ibu MA. Roosmi Pratiwi

 

Agar dapat mendampingi keluarga yang dalam kondisi sulit dengan baik, maka Paroki Roh Kudus memberikan sebuah tempat yang sangat nyaman untuk digunakan, yaitu di “Rumah Kita”, Jalan Tampak Siring D2 no 18, Puri Mas, Surabaya.

 

Keluarga yang membutuhkan pendampingan, dapat menuju ke “Rumah Kita” dengan jadwal :

Hari Senin

(06:30-08:30) : Sr. Hendrina MASF

(18:00-20:00) : Pasutri Christine-Djoko, bu MA. Roosmi Pratiwi

Hari Selasa

(06:30-08:30) : Pasutri Nanik-Hartono

(18:00-20:00) : Pasutri Vin-Djoko, Pasutri Dewi-Rudy

Hari Rabu

(06:30-08:30) : Pasutri Herlin-Yopi, Pasutri Titiek-Mudaldjono

(18:00-20:00) : Pasutri Dewi-Parna, Pasutri Merta-David

Hari Kamis

(06:30-08:30) : Pasutri Maryam-Medi

(18:00-20:00) : Pasutri Nuke-Indar

Hari Jumat

(06:30-08:30) : Pasutri Jeanny-Bobby, Pasutri Elvie-Heru

(18:00-20:00) : Pasutri Yudha-Pras

 

Namun untuk memastikan jadwal atau hendak berkonsultasi di luar jadwal, maka keluarga yang membutuhkan pendampingan dapat menghubungi : Pas Dewi Suparna (WA/Hp : 085 6306 2843) atau pas Yudha Pras (WA/HP : 0821 3176 0088), atau pas Dewi Rudi (WA / Hp : 0896 0211 5673)

Semoga dengan adanya TKPKKP, seluruh keluarga baik dalam kondisi biasa maupun dalam kondisi sulit, dapat mencapai damai sejahtera bersama Yesus Kristus, sang pencipta sejahtera. Amin

Sumber :

https://studylibid.com/doc/205611/pedoman-pendampingan-keluarga

https://majalah.hidupkatolik.com/2016/11/02/387/perlunya-pendampingan-keluarga/