Paroki Roh Kudus

Paroki Roh Kudus

Teknologi Internet Dan Pelayanan Pastoral

Home / DPH Artikel / Teknologi Internet Dan Pelayanan Pastoral
Paroki Roh Kudus

Teknologi Internet Dan Pelayanan Pastoral

Teknologi internet saat ini sudah menjadi tulang punggung untuk kehidupan sosial dan ekonomi bagi sebagian besar orang yang hidup di perkotaaan bahkan sudah mulai mempengaruhi daerah-daerah terpencil. Jadi bukan hanya sekedar berbagi dan memperoleh informasi saja.

Paus Fransiskus sebagai Gembala Gereja Katolik di seluruh dunia sangat memperhatikan hal ini dan berikut beberapa tulisan tentang Paus Fransiskus yang membahas tentang internet :

 

https://amp.kompas.com/internasional/read/2014/01/23/1835215/Paus.Fransiskus.Internet.Hadiah.dari.Tuhan.tetapi.

https://www.jawaban.com/read/article/id/2019/01/25/90/190125113102/paus_fransiskus_sebut_internet_bertujuan_baik_jika_dipakai_dengan_cara_ini…#

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://penakatolik.com/2019/01/24/paus-fransiskus-soroti-pro-dan-kontra-penggunaan-internet-dan-media-sosial/&ved=2ahUKEwj4yInmt9biAhVH_XMBHXsuC2sQFjACegQIARAB&usg=AOvVaw14RvepeswuaaAuAR_afhIL

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://m.liputan6.com/amp/2087413/paus-fransiskus-imbau-anak-muda-kontrol-penggunaan-teknologi&ved=2ahUKEwj4yInmt9biAhVH_XMBHXsuC2sQFjADegQIBBAB&usg=AOvVaw068Cx5JqXoFbRGwGqUowZD&ampcf=1

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.idntimes.com/news/world/amp/christ-bastian-waruwu/paus-fransiskus-beri-pesan-terhadap-para-pengguna-sosial-media-c1c2&ved=2ahUKEwjsj_fGvdbiAhUbf30KHb56DHkQFjAJegQICRAB&usg=AOvVaw3ldkW9wcRCRohijhKexO-h&ampcf=1

 

Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Surabaya sejak tahun 2013 juga sudah mulai membuat dan mengaktifkan website dari partisipasi umat. Persiapan untuk mengelola mengalami kendala dan tahun 2015 website tidak aktif.

Tahun 2016 dicoba kembali dibuat website dengan partisipasi dari umat, tapi sekali lagi persiapan pengelolaan yang menjadi kendala.

Bulan November 2018 dalam rapat rutin reboan DPPH dimulai lagi pembahasan tentang pengelolaan website dengan lebih intensif.

Disepakati untuk pengeloaan website melibatkan sekretaris DPPH, sekretariat paroki dan kedepannya akan dibentuk tim yang merawat dan mengembangkan perangkat lunak (program) dengan terdiri dari umat yang terlibat aktif dalam kepengurusan di lingkungan/wilayah/paroki, menguasai teknologi IT dan mau melayani untuk keperluan Gereja.

- Pada tahap awal,  kepengurusan DPPH periode 2019-2022 akan dibentuk anggota baru yaitu Sekretaris-3 yang salah satu tugas dan tanggung jawabnya adalah mengelola database umat dan website Paroki.

- Tahap kedua, dengan Rahmat dan Terang Roh Kudus awal Desember 2018 , DPPH sekali lagi dihubungi oleh umat yang mau berpartisipasi untuk mengaktifkan website. Dengan secara professional umat mendesign kembali ( revisi ) website paroki.

- Setelah melalui beberapa kali survey dan  percobaan,  pada tahap ke-3, Rabu 27 Maret 2019 website (revisi) Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Surabaya ,  www.parokirohkudus.or.id diluncurkan dan diperkenalkan dalam rapat reboan DPPH dengan seluruh seksi dan sub-seksi. Para pengurus diberi kesempatan untuk berpartisipasi dengan menulis info kegiatan, kronik dan artikel.

- Tahap ke-4 pada hari minggu tanggal 26 Mei 2019 dilakukan serah terima program web Gereja Katolik Paroki Roh Kudus dari pihak umat kepada DPPH. Dan mulai saat itu perawatan dan pengembangan website menjadi tanggung jawab sepenuhnya DPPH dan Sekretariat Paroki.

- Tahap ke-5, setelah pelantikan anggota Dewan Pastoral Paroki 16 Juni 2019 akan mulai dipersiapkan pembentukan Tim dibawah sekretaris-3 DPPH untuk menunjang sekretariat paroki dalam merawat dan mengembangkan website paroki.

Terima kasih atas partisipasi para umat yang  mau terlibat dari awal hingga saat ini. Dan juga kepada para tim yang secara professional sudah mendesign ulang website Paroki Roh Kudus Surabaya.

Semoga dengan dibawah bimbingan Tuhan Yesus, pendampingan Bunda Maria dan terang Roh Kudus, usaha bersama kita untuk menggunakan sarana teknologi internet, dapat membantu kita menjadi anak-anak Allah yang sejati. Amin.

 

Berkah Dalem.